Mengukur tingkat kepuasan siswa terhadap kinerja guru dengan metode algoritma C4.5 : studi kasus : SMA Negeri 1 Tanjungpinang)

Cahyani, Nur Apriliana (2022) Mengukur tingkat kepuasan siswa terhadap kinerja guru dengan metode algoritma C4.5 : studi kasus : SMA Negeri 1 Tanjungpinang). Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen dan Ilmu Komputer ESQ.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kepuasan atau ketidakpuasan menjadi kesimpulan dari interaksi antara harapan dan pengalaman setelah memakai jasa atau pelayanan yang diberikan. Namun, penilaian kepuasan pelayanan lebih banyak dilakukan dengan perhitungan survei yang menjelaskan hubungan yang sulit untuk diinterpretasikan. Data mining dengan Teknik Algoritma C4.5 dapat membuat pohon keputusan yang menangani atribut tipe diskrit dan tipe diskrit numerik, akibatnya data yang dihasilkan mudah diinterpretasikan dan memiliki tingkat akurasi yang dapat diterima. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa seberapa besar tingkat kepuasan siswa terhadap kinerja guru dengan menggunakan metode Algoritma C4.5. Data diambil dari sampel siswa SMA Negeri 1 Tanjungpinang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa SMA Negeri 1 Tanjungpinang puas terhadap layanan yang diberikan dengan persentase tingkat kepuasan siswa sebesar 90.4% dengan tangible (bukti fisik) sebagai dimensi yang berpengaruh menentukan tingkat kepuasan siswa. Penelitian ini memiliki kontribusi untuk memperkaya solusi penyelesaian masalah menggunakan Algoritma C4.5. Diharapkan hasil penelitian ini dapat diterapkan untuk meningkatkan kinerja guru agar pelayanan yang diberikan kepada siswa dapat lebih baik sehingga menjadi referensi dan acuan untuk mengukur dan meningkatkan kepuasan siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Fahru Abdhul Aziz
Date Deposited: 22 Jul 2023 07:21
Last Modified: 16 Aug 2023 02:57
URI: http://repository.esqbs.ac.id/id/eprint/252

Actions (login required)

View Item View Item