Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen dengan Etika Bisnis Islam sebagai Variabel Moderasi (Studi kasus di Alfriandra Souvenir)

Ramadhan, Muhammad Alfriandra Hedza (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen dengan Etika Bisnis Islam sebagai Variabel Moderasi (Studi kasus di Alfriandra Souvenir). Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen dan Ilmu Komputer ESQ.

Full text not available from this repository.

Abstract

Menurut hasil survei penduduk 2020 yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik terdapat 70,72% atau setara 191,08 juta jiwa penduduk usia produktif. Diketahui jumlah wirausahawan saat ini terdapat sebanyak 3,5% dari jumlah penduduk usia produktif. Secara keseluruhan kebutuhan sebagai pelaku bisnis/usaha untuk mendapatkan kepuasan konsumen diantaranya mampu menyediakan produk atau jasa yang berkualitas, harga yang berkompetitif, proses operasional, dan penerapan etika bisnis didalamnya. Dikarenakan Alfriandra Souvenir pengembangan bisnisnya berjalan atas kualitas pelayanan dan harga yang berkompetitif. Akan tetapi Alfriandra Souvenir belum memaksimalkan pengelolaan manajemen di dalamnya. Sehingga Alfriandra Souvenir sedang dalam upaya melakukan pengelolaan yang baik terhadap manajemennya dengan melakukan evaluasi secara berkala dengan belum adanya standar khusus. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan jumlah responden berjumlah 98 dan pengolahan data menggunakan Smart-PLS 3.0. Berdasarkan penelitian ini ditemukan nilai R-Square 0.668 atau sebesar 66.8% diartikan bahwa variabel kualitas pelayanan, harga, dan etika bisnis islam memberikan pengaruh pada kepuasan konsumen sebesar 66.8%. Penelitian ini menemukan bahwa variabel kualitas pelayanan dan harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Akan tetapi interaksi etika bisnis islam sebagai moderasi tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap kedua hubungan baik kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen maupun harga terhadap kepuasan konsumen. Sehingga dalam penelitian ini dari empat hipotesis yang diajukan dua diantaranya diterima yaitu, hubungan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dan harga terhadap kepuasan konsumen. Sedangkan dua hipotesis lainnya ditolak yaitu, pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dengan dimoderasi oleh etika bisnis islam dan pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen dengan dimoderasi oleh etika bisnis islam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Fahru Abdhul Aziz
Date Deposited: 22 Jul 2023 07:03
Last Modified: 16 Aug 2023 02:53
URI: http://repository.esqbs.ac.id/id/eprint/248

Actions (login required)

View Item View Item