Analisis pemanfaatan media sosial dalam implementasi komunikasi pemasaran (Studi kasus pada Sukokopi Jakarta)

Bancar, Chance Ginaya (2022) Analisis pemanfaatan media sosial dalam implementasi komunikasi pemasaran (Studi kasus pada Sukokopi Jakarta). Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen dan Ilmu Komputer ESQ.

Full text not available from this repository.

Abstract

Komunikasi pemasaran merupakan strategi komunikasi yang didesain sedemikian mungkin agar secara spesifik sesuai dengan kebutuhan konsumen yang sudah ditargetkan. Penggunaan media sosial sebagai alat komunikasi pemasaran merupakan salah satu alat yang banyak dimanfaatkan untuk menyampaikan pesan perusahaan kepada konsumennya. Begitu pula yang dilakukan Sukokopi yang menggunakan Instagram sebagai media sosial utama dalam melakukan komunikasi pemasaran. Penelitian ini berisi analisis pemanfaatan media sosial khususnya Instagram dalam implementasi komunikasi pemasaran di Sukokopi yang memiliki pesan humanis dengan mengedepankan local pride dan budaya Minang sebagai nilai dari coffee shop nya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan paradigma konstruktivisme. Peneliti melakukan wawancara sebagai teknik pengumpulan data serta observasi terhadap Instagram Sukokopi. Wawancara dilakukan dengan 6 informan, dua diantaranya adalah pemilik dari Sukokopi, satu karyawan dan 3 konsumen. Dari hasil penelitian yang dilakukan Sukokopi memanfaatkan berbagai tools mulai dari Insight sebagai analisis awal, Instagram ads, reels, postingan di feed maupun story, sticker interaktif, hashtag, dan sifat media sosial Instagram yang terbuka serta memungkinkan untuk berkomunikasi dua arah. Adapun pesan yang ingin disampaikan Sukokopi kepada konsumennya adalah kenyamanan tempat dan budaya Minang serta produk kopi lokal yang diangkat di cafe tersebut. Namun dalam penyampaian pesan terdapat gap dimana salah satu pesan yaitu budaya minang tidak sampai seutuhnya kepada konsumen. Instagram Sukokopi di Jakarta memiliki tingkat keaktifan yang rendah dan kurang interaktif. Hal ini menyebabkan tidak eratnya hubungan perusahaan dengan konsumen.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Fahru Abdhul Aziz
Date Deposited: 22 Jul 2023 06:36
Last Modified: 16 Aug 2023 02:49
URI: http://repository.esqbs.ac.id/id/eprint/243

Actions (login required)

View Item View Item