Analisis pengaruh harga dan ekuitas merek terhadap loyalitas pelanggan dimasa pandemi COVID-19 : Studi kasus pada pelanggan Pathi’s Chocolade

Sa'adah, Rika Hasna (2021) Analisis pengaruh harga dan ekuitas merek terhadap loyalitas pelanggan dimasa pandemi COVID-19 : Studi kasus pada pelanggan Pathi’s Chocolade. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen dan Ilmu Komputer.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pandemi COVID-19 yang muncul di penghujung tahun 2019 cukup banyak mempengaruhi kinerja bisnis Pathi’s Chocolade. Penjualan tentunya menjadi urat nadi sebuah bisnis dan di masa pandemi ini penjualan Pathi’s Chocolade mengalami fluktuasi, sehingga diperlukan strategi untuk mempertahankan terutama untuk meningkatkan penjualan di masa pandemi seperti sekarang ini, salah satunya dengan meningkatkan loyalitas pelanggannya. Pelanggan yang loyal dapat menjadi kekuatan untuk aktivitas jual beli produk yang dilakukan secara terus – menerus dalam jangka waktu yang panjang, sehingga pelanggan yang loyal akan membantu penjualan untuk tetap bertahan dalam persaingan bisnis yang ketat. Dalam fase ini, persaingan antar merek pun semakin ketat dan pelanggan menjadi peka terhadap kualitas serta harga. Persaingan pada industri cokelat ini juga cukup dirasakan ketat karena terdapat beberapa kompetitor sejenis yang memiliki beragam keunggulan dan berlomba – lomba dalam merebut hati konsumen dengan ekuitas merek yang diunggulkan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah pelanggan loyal Pathi’s Chocolade dan pelanggan tersebut telah membeli produk Pathi’s Chocolade lebih dari 2 kali dan untuk setiap pemesanannya mengambil minimal 5 botol. Dalam penelitian ini sampel yang diambil adalah dari agen dan reseller resmi Pathi’s Chocolade dengan jumlah 114 orang yang ditentukan melalui rumus Slovin. Jenis dan sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer didapat secara langsung menggunakan kuesioner yang disebarkan dan diolah menggunakan software SPSS versi 23 dan data sekunder menggunakan teori referensi dalam menjelaskan variabel-variabel dan juga dalam membuat kuesioner. Penelitian ini telah memenuhi uji instrumen dan uji asumsi klasik. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh signifikan melalui harga terhadap loyalitas pelanggan Pathi’s Chocolade di masa pandemi COVID-19. (2) Terdapat pengaruh signifikan melalui ekuitas merek terhadap loyalitas pelanggan Pathi’s Chocolade di masa pandemi COVID-19. (3) Harga dan ekuitas merek secara bersama berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan Pathi’s Chocolade di masa pandemi COVID-19.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Depositing User: Fahru Abdhul Aziz
Date Deposited: 02 Nov 2022 10:10
Last Modified: 16 Aug 2023 02:32
URI: http://repository.esqbs.ac.id/id/eprint/219

Actions (login required)

View Item View Item