Aliyah, Aliyah (2019) Analisis pengaruh kualitas produk dan kepuasan harga terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan : Studi pada Miniso Pondok Indah Mall Jakarta Selatan. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen dan Ilmu Komputer ESQ.
Full text not available from this repository.Abstract
Perkembangan perusahaan retail mengalami penurunan akibat adanya perubahan perilaku konsumen yang berbelanja offline menjadi online. Namun, terdapat perusahaan yang berkembang dan ekspansif disaat runtuhnya perusahaan retail, yaitu PT Miniso Lifestyle Trading. Miniso menyatakan bahwa salah satu faktor kesuksesan Miniso karena kualitas produk yang ditawarkan baik dan memiliki harga yang kompetitif. Peneliti lain, menyatakan bahwa kunci kesuksesan perusahaan dapat dilihat dari kepuasan dan loyalitas pelanggan. Kualitas produk dan kepuasan harga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan dan loyalitas pelanggan. Penelitian ini fokus terhadap pelanggan yang pernah membeli produk Miniso lebih dari dua kali dengan kategori produk fashion accessories dan kosmetik di cabang Pondok Indah Mall. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif yang bersifat deskriptif. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner menggunakan skala likert dan jumlah sampel yang diteliti adalah 213 pelanggan Miniso Pondok Indah Mall Jakarta Selatan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis structural equation modelling (SEM) dengan tools AMOS. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai goodness of fit dengan kategori good fit. Selain itu, hasil nilai square multiple correlation (R2) 0,841 menunjukkan bahwa kontribusi kualitas produk dan kepuasan harga terhadap kepuasan pelanggan sebesar 84,1%, sisanya sebesar 15,9% dipengaruhu oleh faktor lain. Sedangkan, nilai R2 0,853 menunjukkan bahwa kontribusi kualitas produk, kepuasan harga, dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan sebesar 85,3%, dan sisanya sebesar 14,7% dipengaruhi oleh faktor lain. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan (1) kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan, (2) kepuasan harga terhadap kepuasan pelanggan, (3) kepuasan harga terhadap loyalitas pelanggan, dan (4) kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. Tetapi kualitas produk tidak memiliki pengaruh terhadap loyalitas pelanggan secara signifikan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | Fahru Abdhul Aziz |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 04:36 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 04:36 |
URI: | http://repository.uag.ac.id/id/eprint/146 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |