Karimah, Amelia Rana (2019) Pengaruh nilai yang dirasakan (perceived value) dan manfaat promosi yang dirasakan (perceived promotion benefit) terhadap minat beli online yang dimediasi kepuasan : Studi kasus pengguna layanan premium spotify. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen dan Ilmu Komputer ESQ.
Full text not available from this repository.Abstract
Indonesia mendapat urutan ke enam dari 25 negara sebagai pengguna internet terbesar sepanjang tahun 2013-2018. Lebih dari setengah penduduk Indonesia (54,68%) merupakan penetrasi pengguna internet. Banyaknya jumlah pengguna internet sangat memungkinkan berkembangnya juga penggunaan aplikasi mobile serta mendorong para pencipta aplikasi untuk lebih eksplorasi. Era digital mengubah persepsi masyarakat dalam membeli suatu produk terutama aplikasi mobile. Perceived value dan perceived promotion benefit diindikasikan sebagai alat yang mendukung tumbuhnya minat untuk melakukan pembelian. Penelitian ini berfokus terhadap pengguna layanan premium Spotify, dimana memiliki tujuan mencari pengaruh perceived value dan perceived promotion benefit terhadap online purchase intention yang dimediasi satisfaction pada aplikasi Spotify. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis kuantitatif dengan sifat deskriptif dengan menyebar kuesioner terhadap 496 pengguna layanan premium Spotify. Penyebaran kuesioner menggunakan skala Likert. Pengujian penelitian menggunakan uji asumsi klasik dengan SPSS 25 dan analisis structural equation modelling (SEM) menggunakan metode estimasi maximum likelihood dengan AMOS 18. Hasil penelitian menunjukan jika perceived value memiliki pengaruh yang signifikan terhadap online purchase intention dengan dimensi social value, emotional value, performance, dan value for money. Sedangkan perceived promotion benefit diindikasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap online purchase intention. Namun perceived value dan perceived promotion benefit bersama sama berkontribusi terhadap satisfaction sebanyak 72% dan 28% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Sedangkan terhadap online purchase intention, secara bersama sama berkontribusi sebanyak 77,8% dan 22,2% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kesimpulan dari penelitian ini, perceived value secara signifikan mempengaruhi satisfaction dan online purchase intention. Akan tetapi tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara perceived promotion benefit dan satisfaction serta online purchase intention. Hasil penelitian ini bisa dijadikan evaluasi bagi Spotify dan strategi bagi industri pemasaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | Fahru Abdhul Aziz |
Date Deposited: | 12 Jun 2022 15:21 |
Last Modified: | 12 Jun 2022 15:21 |
URI: | http://repository.esqbs.ac.id/id/eprint/142 |
Actions (login required)
View Item |